PT Paragon Technology and Innnovation mengadakan Paragon Campus Webinar bertema Xplore Commercial Directore Series melalui aplikasi Zoom. Webinar diselenggarakan pada Kamis, (23/4/2020). (Sumber Gambar : Dok. ITB Career Center/Mar)
Bandung, ITB Career Center – PT Paragon Technology and Innnovation mengadakan Paragon Campus Webinar bertema Xplore Commercial Directore Series. Tujuan diselenggarakannya Paragon Campus Webinar adalah untuk memperkenalkan lebih jauh menganai gambaran pekerjaan di direktorat komersial. Webinar diselenggarakan pada Kamis, (23/4/2020).
Webinar yang diadakan melalui aplikasi Zoom ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta. Di sini para peserta mendengar sesi berbagi dari Paragonian yang sudah menjadi ahli di bidangnya. Peserta pun mendapatkan kesempatan untuk bertanya kepada para ahli tentang karier dan kehidupan setelah kampus.
“Teman-teman dapat bertanya langsung. Webinar kali ini dilakukan dua arah,” ujar Wibi Afifatul Zahro selaku moderator acara.
Ada lima pembicara dari berbagai posisi di Paragon, pertama adalah Ronni Ardiansyah selaku Executive Vice President and Chief Commercial Officer. Ronni memberikan materi menngenai perbedaan mendasar pekerjaan seorang marketing dan commercial. Ia pun memberikan gambaran pembagian kerja di organisasi untuk bagian Chief Commercial.
“Fokus kita lebih ke Shopper, sedangkan marketing lebih fokus ke konsumen. Chief Commercial di Paragon pun dibagi menjadi dua, ada Nasional Sales Director dan Internasional Sales Director, ” ujar Ronni.
Pembicara kedua adalah Azhar Munsyi selaku Sales Operation Mass Group Head. Pada sesi kedua, Azhar memberikan motivasi kepada peserta untuk mengetahui passion dalam bekerja. Menurutnya pasion adalah suatu pekerjaan yang kita lakukan tanpa merasa kita bekerja. Artinya kita mengerjakan suatu kegiatan dengan senang tanpa kenal waktu. Jika menemukan passion, tentu akan mudah dalam membangun karir di pekerjaan tersebut.
“Saya berpindah-pindah pekerjaan dulu baru tahu passion saya. Memang kalau bekerja itu kita harus ketemu dulu passionnya apa. Apa sih yang pengen kita lakukan, apa sih yang kita senangi, karena kalau kerja tanpa passion, pekerjaannya akan terasa berat” jelasnya.
Sementara itu, pembicara ketiga Achmad Fadli selaku Head of Modern Trade Griceries, memberikan materi mengenai Modern Trade Key Account dan Key Account Management. Menurutnya modern trade adalah sebuah grup dari account modern yang memberikan kontibusi strategi untuk bisnis yang dijalani dan pertumbuhan bisnis kedepan. Contoh yang menjadi Modern Trade Key Account yaitu supermarket, minimarket, hypermarket dan lainnya. Toko-toko tersebut adalah tempat mendistribusikan produk kepada konsumen.
Pembicara keempat adalah Findi Novia Lusintasari selaku Head of Market Development. Findi menceritakan pengalaman dalam bekerja di bidang market development. Menurutnya tim market development bertanggung jawab untuk membangun relasi dengan toko-toko, influencer, orang-orang yang berpengaruh di suatu daerah untuk bisa berkolaborasi jangka panjang.
Pembicara terakhir adalah Mariani Pujiastuti selaku Shopper &Customer (S & CMM) Marketing Group Head. Mariani memberikan gambaran mengenai divisi yang ia pimpin, menurutnya divisi berorentasi sepenuhnya kepada shopper dan customer. Shopper &Customer adalah sebuah proses bagaimana kita memahami keduanya, dan menggunakan pemahaman dari masukan yang kita dapat untuk mengembangkan rencana marketing.
“Kita buat produk kita masuk ke kebiasaan yang dimiliki Shopper dan Customer,” jelasnya.
Setelah setiap pembicara memberikan materi, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya. Para pembicara pun membagikan pengalaman seputar karir. Untuk mengetahui lebih lanjut posisi yang ada di Paragon, kita dapat mengakses website resmi terbaru Paragon, yaitu career.paragon-innovation.com. (Mar)