English Language Indonsian Language

Jadi Expert dalam Industri Media Bersama Program Media Masters Batch XIII

Suasana Campus Hiring GroupM Indonesia, di ITB Career Center, ruang 9211, GKU Timur, ITB, Kota Bandung, pada Jumat (21/2/2020). (Dok. ITB Career Center/Mar)    

Bandung, ITB Career Center – Program Media Masters, GroupM Indonesia, kembali dibuka. Program ini mencari lulusan terbaik dari berbagai perguruan tinggi, untuk didik menjadi ahli dalam bidang industri media. Program Media Masters batch XIII tahun 2020 ini disosialisasikan dalam acara Campus Hiring GroupM Indonesia, di ITB Career Center, ruang 9211, GKU Timur, ITB, Kota Bandung, pada Jumat (21/2/2020).

            Salah satu lulusan Program Media Masters yang kini sudah bergabung dengan GroupM, Rofi, menjelaskan ITB merupakan kampus pertama yang didatangi untuk Campus Hiring, Program Media Masters batch XIII. Nantinya Campus hiring akan diadakan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. GroupM Indonesia sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada marketing services yang menghubungkan antara marketing, media dan teknologi.

            “Bidang marketing sekarang tidak terpisahkan dengan teknologi. Media, teknologi dan marketing adalah satu kesatuan. Media merupakan sarana untuk menyebarkan ide kepada masyarakat. Kita bertugas untuk membantu klien membuat strategi marketing untuk campaign yang disebarkan kepada masyarakat,” jelasnya.            

            Ada beberapa tahap yang dilewati peserta, yaitu tes potensi akademik, personality test, elevator pitch (elimination round 1), focus group discussion (elimination round 2), dan personal interview (elimination round 3). Beberapa tahapan dilaksanakan setelah persentasi dalam acara Campus Hiring di ITB.

“Ada beberapa tahapan, yang bisa lulus tahap pertama yaitu tes potensi akademik dan personality test, akan mengikuti beberapa tahap elimination,” ujar Rofi saat memberikan persentasi.

Keseluruhan program dilaksanakan selama 21 bulan. Pada bulan pertama hingga 1,5 bulan, akan diadakan campus roadshow untuk memberikan informasi kepada para alumni mengenai program. Pada bulan berikutnya akan diadakan classroom training, kemudian menuju on the job training. Job training dilaksanakan hingga bulan ke 21.

            “Kita akan membangun pengetahuan teman-teman mengenai media. Program dirancang selama 21 bulan, sehingga setelah program ini selesai, teman-tememan akan mendapatkan kemampuan dan expert di industri media,” ujarnya.

            Rofi mengatakan, ada beberapa keuntungan bagi kita yang bergabung dengan Program Media Masters. Pertama, program ini akan memberikan peserta pengetahuan dari dasar mengenai marketing, media dan teknologi. Para peserta akan belajar dari proyek yang diberikan. Program ini pun telah meluluskan lebih dari 300 orang.

            Program Media Masters pun berbeda dengan program rekrutmen lainnya di GroupM Indonesia. Pada program ini, peserta yang dicari merupakan lulusan baru tanpa pengalaman. Peserta kemudian diberikan pengetahuan mendasar secara lengkap. Peserta dipersiapkan bersama-sama dengan berbagai ilmu mengenai media dan diarahkan hingga menjadi expert di industri media.

            “Program Media Masters berbeda dengan hiring biasa. Kalau pada hiring biasa, kita mencari orang-orang yang sudah berpengalaman dan memiliki pengetahuan pada bidangnya. Sedangkan pada program ini, kita akan memberikan pengetahuan dari dasar kepada lulusan baru dan menuntun mereka menjadi media master,’ ujar Rofi. (Mar)

           

 

 

 

 

 

Komentar


Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung