English Language Indonsian Language

Hindari Kebiasaan Ini Saat Bekerja

(Sumber Gambar : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/soc-phoenix/wp-content/uploads/2017/08/22195216/Kebiasaan-Buruk-di-Kantor-2.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang ingin melakukan pekerjaan secara maksimal. Persaingan di tempat kerja begitu ketat karena semua berlomba-lomba berkerja sebaik mungkin demi mencapai karir yang diinginkan. Pencapaian karir tersebut terkadang dapat terhambat oleh diri sendiri, salah satunya akibat kebiasaan buruk yang dimiliki seseorang. Walaupun semua orang memiliki kebisaan buruk masing-masing, kita harus dapat menghindari hal tersebut. Menunjukan beberapa kebiasaan buruk di kantor dapat memperlihatkan diri yang kurang profesional dalam bekerja.

Seperti yang dirilis oleh motivationgrid.com, ada beberapa kebiasaan buruk seorang karyawan yang umum dialami oleh banyak orang. Berikut adalah bebrapa kebiasaan buruk dan bagaimana mengatasinya saat berada di kantor.

1. Menunda pekerjaan

Kebiasaan buruk yang paling banyak dimiliki oleh seorang karyawan adalah menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan sama artinya dengan tidak produktif. Ini adalah kebiasaan paling buruk yang secara tidak sadar dapat menghancurkan karirmu secara perlahan. Menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan tersebut tertumpuk oleh pekerjaan lainnya.

Untuk menghilangkan kebiasaan ini, pertama adalah menghindari segala sesuatu yang dapat membuat kita menunda pekerjaan. Contohnya bermain media sosial terlalu lama, bermain game dan lainnya. Hindari hal tersebut dan fokus pada pekerjaan yang ada.

2. Bermalas-malasan

Kebiasaan buruk lainnya yang terkadang tidak disadari adalah bermalas-malasan. Malas di sini artinya tidak menyelesaikan pekerjaan dan bahkan bergantung pada orang lain. Tidak hanya menghambat, hal ini akan menghancurkan karirmu, bisa saja hingga dikeluarkan dari perkerjaan. Dengan alasan ini, akan sulit nantinya mencari pekerjaan baru.

Untuk mengurangi rasa malas tersebut, hal dapat dilakukan yaitu memberikan motivasi kepada diri untuk melawan rasa malas. Selain itu, hilangkan rasa malas dengan membuat prioritas tujuan pekerjaan. Lakukan pekerjaan sesuai prioritas dan selesaikan satu persatu. Jika kita ingin tetap bekerja di suatu perusahaan, lakukan yang hal tersebut dengan baik.

3. Bergosip

Menjadi pribadi yang suka bergosip ternyata merugikan diri sendiri. Bergosip dapat menghilangkan kepedulian teman sekantor kepada kita. Jika kita merasa penasaran terhadap suatu hal, itu tidak salah, asalkan tidak melanggar privasi orang tersebut.

Selain itu, terkadang kita mulai bergosip karena bertemu teman yang sama-sama suka melakukan hal tersebut. Untuk itu, hindari orang-orang yang suka bergosip dan mulai bergabung dengan teman lainnya. Cari perbincangan yang bermanfaat tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Itu adalah beberapa kebiasaan buruk yang terkadang tanpa kita sadari berada dalam diri kita. Berikan motivasi kepada diri untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Walaupun mengubah kabiasaan bukan perkara mudah, tetapi kita dapat melakukannya perlahan dan pasti.                        

 

              

           

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung