English Language Indonsian Language

Hambatan Komunikasi Yang Harus Dihindari Saat Bekerja

sumber foto : https://bit.ly/3edAWAE

Bandung, ITB Career Center- Sebagai seorang karyawan, kadang-kadang kita menghadapi hambatan yang membuat komunikasi tidak berjalan lancar. Ketika hambatan komunikasi muncul, mungkin sulit untuk mengembangkan hubungan dengan rekan kerja, pemimpin, atau klien. Hambatan komunikasi ini tentu dapat mengganggu pekerjaan kita.

Dikutip dari Indeed.com, untuk menghadapi hambatan yang ada, kita harus mengetahui dan memahami apa saja hambatan dalam komunikasi dan bagaimana kita menyelesaikannya. Ada hal mendasar yang mengakibatkan hambatan komunikasi, yaitu memberikan terlalu banyak informasi sekaligus, memiliki gaya komunikasi yang berbeda, hingga hambatan bahasa. Berikut adalah siasat menghadapi hambatan untuk membangun komunikasi yang efektif:

Memberikan terlalu banyak informasi sekaligus

Memberikan informasi yang banyak sekaligus ternyata merupakan salah satu hambatan dalam komunikasi. Hal ini bisa saja terjadi saat kita memberikan presentasi selama rapat tim, melatih karyawan baru atau menjelaskan produk kepada pelanggan. Terkadang kita merasa bahwa semakin banyak detail yang diberikan, semakin jelas pesan yang ingin disampaikan. Namun, memberikan terlalu banyak informasi justru dapat menyulitkan pesan sampai kepada audiens dan mempersulit audiens untuk mengerti.

Untuk mempermudah orang memahami pesan yang ingin kita sampaikan, berilah penjelasan secara singkat dan hanya bagikan apa yang paling relevan bagi mereka. Jika kita kita membagikan pesan secara tertulis saat presentasi, pastikan untuk menggunakan daftar berpoin penting bukan blok teks yang panjang. Kita pun dapat memberikan waktu bagi audiens untuk mengajukan pertanyaan selama diskusi. Hal ini akan mempermudah kita memberbagikan detail tambahan yang benar-benar dibutuhkan oleh audiens.

Gaya komunikasi yang berbeda

Setiap orang memiliki gaya komunikasi mereka sendiri dan masing-masing gaya tersebut sangatlah unik. Beberapa orang secara ekspresif menyampaikan informasi, sementara yang lain mungkin memiliki gaya komunikasi yang pasif. Beberapa orang menggunakan gerakan tangan ketika berbicara di depan audiensi sementara yang lain tidak. Terkadang, perbedaan ini bisa menjadi hambatan komunikasi. Misalnya, seseorang yang sangat detail dan spesifik dalam pesannya mungkin mengalami kesulitan memahami komunikator yang tidak detail dalam menjelaskan sesuatu.

Untuk menyampaikan pendapat kepada orang-orang yang memiliki gaya komunikasi berbeda kita dapat menyertakan contoh saat menjelaskan sesuatu, menanyakan kembali kepada audiens jika ada hal yang tidak dipahami, atau dapat memperhatikan gaya komunikasi orang lain sebelum kita menyampaikan pesan.

Hambatan bahasa

Jika seseorang tidak menggunakan bahasa yang kita gunakan sehari-hari, mereka mungkin akan kesulitan menerima pesan yang ingin kita sampaikan. Dalam keadaan ini, penting bagi kita untuk meminta bantuan dari penerjemah untuk menyampaikan pesan. Hal ini bisa terjadi saat kita bekerja sama dengan orang dari negara lain dengan bahasa yang berbeda. Kita pun dapat menggunakan satu bahasa internasional, di mana semua orang memahami bahasa ini.

Hambatan komunikasi dapat menganggu pekerjaan kita. Hambatan ini dapat menyebabkan kesalahpahaman, sehingga pesan penting tidak tersampaikan. Untuk meminimalisir hambatan yang ada, kita dapat mempelajari beberapa poin di atas. Komunikasi yang lancar tentu sangat bermanfaat untuk pekerjaan dan karir kita seterusnya. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung