English Language Indonsian Language

Tips Bangun Hubungan Kerja yang Baik Antar Rekan Kerja

 

Sumber : https://asset.kompas.com/crops/Azwd5C-dNd6mtLAZ-NipDa_r5F8=/0x0:1000x667/750x500/data/photo/2017/07/21/311106427.jpg

 

Bandung, ITB Career Center –. Hubungan kerja adalah koneksi yang kita bentuk dengan rekan kerja, kolega, dan manajer di tempat kerja. Meskipun hubungan yang dibangun dengan kolega dan manajer mungkin tidak seintim yang kita miliki dengan keluarga dan teman, tetapi hubungan harus terjalin harmonis. Penting untuk disadari bahwa hubungan kerja berbeda dari hubungan pribadi. Hubungan pribadi melibatkan berbagi emosi dan perasaan secara pribadi, sementara hubungan kerja adalah asosiasi formal dan melayani tujuan khusus untuk memastikan kerja tim dan produktivitas yang baik.

 

Semua pekerjaan memerlukan interaksi dengan orang lain. Bahkan jika kita adalah seorang pekerja lepas yang bekerja secara online, kita tetap harus membangun hubungan dengan klien agar mereka nyaman dan pekerjaan kita berjalan lancar. Dikutip dari Indeed.com, ada beberapa cara membangun hubungan kerja yang baik dan efektif.

 

Sering berkomunikasi

Salah satu aspek terpenting dari membangun hubungan adalah komunikasi yang efektif, dengan menyeimbangkan antar mendengarkan dan berbicara. Ini berarti kita harus mendengarkan secara aktif ketika rekan kerja atau manajer berbicara dengan ktia dan mempertimbangkan sudut pandang mereka sebelum merespons. Selain mempertimbangkan dengan seksama pendapat rekan kerja, kita juga harus berusaha memahami keadaan pribadi mereka. Selain itu, perhatikan komunikasi nonverbal, seperti bahasa tubuh anggota tim, karena bahasa tubuh pun merupakan komunikasi yang tidak tersampaikan oleh kata-kata.

 

Konsisten dan dapat dipercaya

Kepercayaan adalah aspek yang sangat penting dari hubungan apa pun. Jika kita berjanji kepada anggota tim, pastikan untuk menepati janji tersebut. Misalnya menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditentukan. Kita pun harus berusaha untuk menunjukkan kepercayaan dengan menawarkan dukungan dan bantuan ketika anggota tim kesulitan. Lakukan hal ini dengan konsisten. Membangun kepercayaan kolega dan anggota tim melibatkan tindakan yang konsisten dalam cara yang dapat dipercaya dan terus menerus.

 

Hindari gosip

Jika kita ingin membina hubungan positif di tempat kerja, yang terbaik adalah menghindari gosip. Jika kita mendengar gosip tentang rekan kerja lain, jangan ambil bagian, atau cobalah untuk mengubah topik pembicaraan. Jika kita memiliki masalah dengan seorang rekan kerja, pertama-tama cobalah untuk berbicara dengan sopan dan jujur dengan orang itu. Jika tidak berhasil, kita dapat mengadakan pertemuan dengan atasan dan kolega yang bersangkutan, sehingga kita dapat mengatasi masalah ini secara transparan dan profesional.

 

Dukung sesama anggota tim

Salah satu cara terbaik untuk menjalin hubungan baik dengan sesama pekerja adalah dengan mendukung mereka. Jika Anda berada di posisi senior, cobalah untuk membimbing dan mendidik staf junior sebaik mungkin. Selalu berikan pujian kepada rekan kerja dan fokuslah pada pencapaian mereka dibandingkan selalu menyalahkan kegagalan mereka. Dengan melakukan itu, kita akan membantu membangun budaya saling mendukung di tempat kerja dan akan mendapatkan rasa hormat dan dukungan dari rekan kerja lain.

 

Hubungan baik antar rekan kerja berdampak positif pada pekerjaan yang kita lakukan. Hubungan yang baik melibatkan rasa hormat, komunikasi, dan kejujuran, yang semuanya dapat bermanfaat saat bekerja sebagai tim. Beberapa hal di atas dapat kita coba terapkan dalam lingkungan kerja, agar kita lebih bahagia dan nyaman dalam bekerja. (Mar)

 

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung