English Language Indonsian Language

Hindari Beberapa Hal Tidak Menyenangkan di Tempat Kerja

(Sumber Gambar : https://www.talenta.co/wp-content/uploads/2016/10/shutterstock_1569884032-1.png)

Bandung, ITB Career Center – Ada beberapa batasan yang harus kita ketahui di tempat kerja, salah satunya membuat candaan atau obrolan yang tidak menyenangkan. Hal ini dapat memberikan pengaruh tidak baik bagi suasana kerja. Selain kita akan dijauhi rekan kerja, candaan yang dapat menyingung orang lain dapat mempengaruhi keharmonisan antar rekan kerja.

Selain bercanda dengan topik yang tidak tepat, ada beberapa hal lain yang biasa kita lakukan ternyata dapat membuat suasana kantor menjadi tidak menyenangkan. Terkadang bahkan kita tidak tahu bahwa hal tersebut dapat mengganggu orang lain. Dikutip dari thebalancecareers.com, berikut beberapa hal tidak menyenangkan yang harus kita hindari saat di tempat kerja.

  • Bicara Lantang di Ponsel

Ketika kita menerima telepon pribadi di kantor, usahakan untuk keluar atau menjauh dari rekan kerja. Nyatanya, percakapan pribadi ini akan menganggu aktifitas bekerja orang lain, apalagi jika kita menerima telepon dengan suara keras. Agar tidak mengganggu orang lain, kita dapat menyiasatinya dengan pergi ke luar ruangan untuk menerima telepon.

  • Tidak mengakui kerja tim

Ketika pimpinan kita memberi selamat kepada kita atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik, jangan lupa menyebutkan bantuan dari rekan kerja satu tim. Pimpinan perlu tahu bahwa kita mengerjakannya bersama tim, selain menunjukan kerendahan hati kita, kita pun dinilai memiliki kerjasama tim yang baik. Tetapi, banyak diantara kita yang ingin dipuji sendiri, hal ini tentu tidak menyenangkan bagi rekan satu tim.

  • Datang bekerja dalam keadaan sakit

Kita terkadang ingin bekerja walaupun dalam keadaaan sakit. Tetapi nyatanya hal ini dapat mengganggu rekan kerja. Datang ke kantor dengan keadaan sakit dapat menyebarkan virus kepada orang lain. Apalagi jika karena sakit pekerjaan yang kita lakukan tidak maksimal, rekan kerja pun harus bertolerasi dengan kondisi kita. Sebaiknya jika merasa sakit, jangan sampai memaksakan diri untuk bekerja.

  • Bagikan Segalanya Dengan Rekan Kerja

Ternyata terlalu mengumbar segalanya dengan rekan kerja, bahkan tentang permasalahan pribadi, dapat membuat orang lain tidak nyaman. Tidak ada salahnya bercerita kepada teman, apalagi jika rekan kerja tersebut sudah menjadi teman dekat bagi kita. Tetapi tidak semua hal dapat dibagikan kepada rekan kerja, terkadang mereka tidak nyaman dengan permasalahan yang kita bagikan, tetapi tidak dapat menyampaikannya. Batasi hal-hal yang ingin kita bagikan kepada rekan kerja dan jangan lupa pilih waktu yang pas untuk bercerita tanpa mengganggu waktu bekerja.

  • Menyingung politik dan agama di tempat kerja

Politik dan agama adalah hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan di tempat kerja. Apalagi ketika kedua topik tersebut dijadikan bahan candaan antar rekan kerja. Sebagian orang akan tersinggung, tentu hal ini tidak baik jika dilakukan terus menerus. Politik dan agama bukanlah topik yang harus diperdebatkan dan dicari mana yang paling benar. Tolerasi antar sesama adalah hal utama.

Kantor adalah tempat kita bekerja, maka fokus untuk bekerja dengan baik. Jangan sampai hal-hal kecil di atas tanpa sadar kita lakukan dan membuat suasana bekerja menjadi tidak menyenangkan. Tidak semua orang akan menegur dan memberikan nasihat tentang hal negatif yang kita lakukan, banyak orang cenderung menjauh tanpa bicara apa-apa. Maka kita harus berhati-hati atas apa yang kita lakukan di tempat kerja. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung