English Language Indonsian Language

Cara Jitu Jadi Public Speaker Handal

(Sumber Gambar : https://jomat.co.za/wp-content/uploads/2018/02/Public-speaking.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Tidak semua orang dapat berbicara dengan baik di depan umum. Berbicara di depan umum atau lebih dikenal sebagai public speaker memiliki trik tersendiri. Ada beberapa trik yang dapat diterapkan agar kita memiliki kemampuan public speaking yang baik. Kemampuan ini pun akan sangat membantu kita dalam membangun karir. Dikutip dari brightnetwork.co.uk, ada beberapa hal yang dapat kita terapkan untuk menjadi public speaker yang baik.

  • Mengenal Aundience

Kunci menjadi public speaker adalah mengetahui aundience. Mengenal aundience artinya kita mengetahui level audience, siapa mereka dan bagaimana background mereka secara umum. Bukan berarti kita harus mengenal masing-masing aundience secara personal. Tetapi, dengan mengetahui background audience secara umum. Dengan mengetahui aundience, kita dapat memberikan konten yang relevan dan sesuai. Dengan begitu pesan yang ingin disampaikan akan tersampaikan dengan baik.

Contohnya saat kita harus berbicara di depan para pemuda yang baru saja lulus perguruan tinggi. Bagaimana kita berbicara dan topik yang akan kita sampaikan tentu berbeda saat kita berbicara dengan sekelompok ibu-ibu wanita karir.

  • Rencanakan apa yang akan kita katakan

Sebelum berbicara di depan umum, hal penting yang harus dilakukan adalah merencakan apa saja yang akan kita katakan. Bahkan seorang profesional pun akan tetap mempersiapkan apa yang akan ia bicarakan di depan umum. Tidak hanya persiapan untuk acara-acara besar, untuk acara kecil pun sebaiknya buat persiapan. Tidak perlu menuliskan semua kata-kata yang akan kita katakan, kita dapat menuliskan poin penting yang akan disampaikan kepada audience. Hal ini akan membuat kita lebih percaya diri, berbicara dengan lebih lancer, dan mendapatkan pemilihan kata yang lebih baik.

  • Berlatih

Terdengan klasik, tetapi berlatih adalah hal penting untuk menjadi seorang public speaker yang profesional. Kita harus terbiasa dan membiasakan diri untuk berbicara di depan umum, kita dapat berlatih sendiri di depan cermin. Dengan begitu kita akan melihat bagaimana diri kita saat berbicara di depan umum, apakah kita berbicata terlalu cepat, atau pengucapan kata kurang jelas dan lainnya. Kita dapat terus berlatih terutama kata-kata yang sulit diucapkan atau intonasi suara. Dengan berlatih kita akan memperbaiki kekurangan yang kita miliki saat berbicara di depan orang banyak. Kita pun dapat mengatur rasa gugup dan lebih banyak menguasai diri.

  • Persiapan Teknis

Setelah kita berlatih dan merasa siap unruk tampil, hal penting yang tidak boleh terlewatkan adalah hal teknis di lapangan. Jika kita harus menggunakan mikrofon, pastikan untuk memeriksa mikrofon, sebelumnya, apakah alat dapat digunakan. termasuk apakah kita perlu menyalakannya sebelum digunakan.

Beberapa hal tersebut dapat diperhatikan sebelum kita berbicara di depan umum. Menjadi seorang public speaker yang handal tentu membutuhkan waktu yang panjang dan pengalaman yang banyak. Dari setiap pengalaman kita akan mendapatkan pelajaran baru yang akan membuat kita lebih baik lagi selanjutnya. Yang terpenting adalah pantang menyerah dan tidak bosan untuk berlatih. (Mar)

Logo ITB Logo ICC ITB

GKU Timur ITB Building

Jln. Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia

Customer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509177

career@itb.ac.id

Employer Service

Phone & Fax: (+62-22) 2509162

Email : employerservices@itb.ac.id

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung